Pelatihan Aplikasi Fondasi Tiang Pancang

print  doc  pdf

Pelatihan Aplikasi Fondasi Tiang Pancang

27 April 2013, 10:43:27


Pelatihan Aplikasi Fondasi Tiang Pancang



Gita Narotama Business Center Based On ICT (GNBC) mengadakan kegiatan pelatihan dengan topik Aplikasi Fondasi Tiang Pancang bidang rekayasa teknik sipil. Pelatihan yang berlangsung dua hari ini (26-27 April 2013) di Gedung E Universitas Narotama, GNBC bekerjasama dengan INKINDO dan PT Pakuwon Jati Tbk.

Tutor pelatihan, Ir. Helmy Darjanto, MT (sertifikasi GI), mengatakan, materi pelatihan adalah aplikasi perhitungan kuat dukung tiang pancang akibat beban vertikal dan lateral, penurunan tiang group, analisis uji beban statis, kuat dukung tiang injeksi, perhitungan sambungan pada tiang mini.

“Khusus untuk perhitungan tiang arah lateral akan menggunakan software LPILE dan GROUP, Texas,” terang Helmy.

Peserta pelatihan berasal dari Pakuwon, Hanata Kaltim, akademisi, asosiasi profesi, dan asosiasi perusahaan jasa konstruksi di Jawa Timur. Bentuk pelatihan adalah langsung dengan praktek kasus yang terjadi di lapangan. Setiap peserta juga diwajibkan membawa notebook/laptop sendiri, karena dalam pelatihan ini ada software yang harus dipelajari langsung.

Wakil Ketua Umum DPN Inkindo, Djoko Soepriyono (konsultan teknik & konsultan hukum) menjelaskan bahwa tanggung jawab profesi tenaga ahli terhadap kegagalan pelaksanaan konstruksi dan kegagalan bangunan dapat berimplikasi pada ranah hukum, bisa hukum perdata atau hukum pidana. [ger]