PERAN POSITIONING PERGURUAN TINGGI

print  doc  pdf

PERAN POSITIONING PERGURUAN TINGGI

15 Mei 2013, 10:59:47

Image is the outcome not the process. Bagaimana sebuah Universitas atau Perguruan Tinggi dapat dikatakan Baik dimata masyarakat, ukurannya akan dilihat dari mudah atau tidaknya lulusan Universitas tersebut mudah mendapatkan job atau tidak, memiliki reputasi atau tidak. Namun, Universitas baru belum memiliki reputasi di mata masyarakat. Mungkin dalam kenyataannya reputasi Universitas biasanya ketinggalan. Tapi tidak penting,apakah Universitas itu punya reputasi atau tidak. Sebuah Universitas harus tahu dimana Marketnya, untuk menumbuhkan Reputasi itu sendiri.
Citra dan positioning adalah dua hal yang berbeda. Citra diperoleh suatu instansi berasal dari apa yang telah dilakukannya, sedangkan berbicara mengenai positioning, adalah mengenai posisi suatu instansi di tengah-tengah masyarakat. faktor yang berperan untuk menumbuhkan citra dalam sebuah Universitas atau Perguruan Tinggi adalah sebaiknya dengan tidak ditumbuhkan tapi datang sendiri dari masyarakat, disamping itu Universitas harus dapat berkonsentrasi pada Strategic Competence, apakah menghasilkan sarjana produktif, atau menjadi tempat research yang terkenal, jadi jangan memikirkan Image. Karena image harus datang sendiri atau harus diurus belakangan. Hidup tidak selalu memberikan apa yang anda minta. Mungkin memberikan yang lebih baik, mungkin yang kurang baik. Citra jangan diusahakan. Anda harus melakukan apa yang anda sukai, sebab itu pasti akan memberikan hasil yang baik. Jadi universitas juga agar jangan terlalu memikirkan pencitraan, kerjakan saja tugas utama, itu sudah cukup susah. Misal, kalau anda bahagia, citra baik akan terpancar dengan sendirinya.
Adanya fenomena dimana banyak Universitas saat ini berlomba-lomba membuat Strategi Komunikasi untuk menunjukkan yang terbaik merupakan langkah yang belum tepat pada sasarannya, sebab kalau Universitas membuat citra, itu hanya akan merupakan usaha jangka pendek. Kalau orang mau cantik maka itu harus datang dari dalam, beauty with heart. Komunikasi yang dilakukan universitas akan menjadi salah sasaran, bila dia hanya berhasil menggaet mahasiswa pada saat ini, tapi dalam jangka panjangnya tidak menimbulkan investasi dalam nama baik. Satu-satunya yang membesarkan nama Universitas adalah Prestasi. Pengabdian masyarakat bukan berarti memberikan makanan ke panti asuhan tapi Corporate Social Responsibility (CSR), mendidik orang mengenai beauty with heart, mengajar orang mengenai Climate Change. Setidaknya akan baik pada jangka panjang.
Positioning itu tidak lain dari persiapan, mencari posisi diri sesuai dengan apa yang diperkirakan akan terjadi nanti. Universitas Narotama dalam hal ini telah menempatkan kriteria Positioningnya dimasyarakat melalui berbagai macam kegiatan yang berwawasan edukatif secara kontinue, sesuai dengan Misi yang diemban yaitu, Memberikan Kontribusi nyata dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Banyak hal yang masih kurang dalam bahasan ini, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Amin.
Sumber :
http://mediapublica.co/2013/01/30/image-come-from-other-positioning-come-from-us Beberapa sumber