Seminar Pengembangan Koperasi dan UMKM di Jawa Timur Seminar Pengembangan Koperasi dan UMKM di Jawa Timur

Koperasi sebagai suatu sistem ekonomi mempunyai kedudukan (politik) yang cukup kuat karena memiliki landasan konstitusional yaitu berpegang pada Pasal 33 UUD 1945, khususnya Ayat 1 yang menyebutkan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.
“Dalam penjelasan UUD 1945 itu dikatakan bahwa bangun usaha yang paling cocok dengan asas kekeluargaan itu adalah koperasi,” kata Dr. Ir H RB Fattah Jasin, MS (Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur) dalam seminar Strategi Pengembangan Koperasi dan UMKM di Provinsi Jawa Timur yang digelar di Gedung A Lt.7 Universitas Narotama, Sabtu (20/4).
Seminar yang diselenggarakan oleh mahasiswa Magister Manajemen (MM) Universitas Narotama angkatan XXVIII-XXIX tersebut juga menghadirkan pembicara Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Ir. Suko Wardoyo.
Suko Wardoyo menjelaskan, tingginya pertumbuhan ekonomi Jawa Timur turut diperkuat oleh dominannya peran koperasi dan UMKM dalam meningkatkan kesejahteraan. Penyaluran kredit perbankan di Jawa Timur sampai dengan Februari 2013 terus meningkat dengan total outstanding sebesar Rp.240,4 T atau tumbuh 26,8%. [ger]

Foto: Dr. Ir H RB Fattah Jasin, MS (kiri), moderator Dr. Muhammad Tasrifin, SH, MH dan Ir. Suko Wardoyo (Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur).