MELATIH KEPEKAAN SOSIAL SEJAK DINI

Corporate Social Responsibility (CSR) bukan sekedar kegiatan derma atau keterlibatan dalam suatu kegiatan seremonial di masyarakat. Jika dilakukan dengan tepat berdasarkan pada prinsip berkelanjutan, CSR mampu memberikan berbagai manfaat yang lebih, diantaranya mempertahankan atau mendongkrak reputasi dan brand image perusahaan, meminimalkan resiko bisnis perusahaan, memperluas akses terhadap sumber daya, membentangkan akses menuju market, efisiensi biaya, mempererat hubungan dengan stakeholders, regulator, serta meningkatkan semangat, keterlibatan dan produktivitas karyawan, dan banyak keuntungan lainnya. Tentunya langkah-langkah yang dilakukan haruslah lebih dari sekedar kegiatan penanaman pohon atau kegiatan seremonial lainnya.. Lebih daripada itu, diperlukan juga hubungan timbal balik antara pihak perusahaan dengan masyarakat sekitar. Bagi perusahaan yang berbasis sumber daya alam, sudah menjadi prioritas untuk peduli tentang dampak terhadap lingkungan serta sosial bagi masyarakat atau komunitas di wilayah operasinya. Hal ini menuntut adanya kepekaan pada setiap komponen dalam sebuah perusahaan, termasuk para pekerjanya, untuk dapat mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi permasalahan sosial dan lingkungan. Kepekaan sosial dapat menjadi salah satu factor yang mempengaruhi kelangsungan operasional sebuah perusahaan, khususnya bila dikaitkan dengan berbagai aspek yang bertalian erat dengan kehidupan masyarakat di kawasan tersebut. Dengan memiliki kepekaan sosial yang tinggi dan positif, diharapkan akan dapat menciptakan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan yang tepat dan bermanfaat bagi masyarakat dan perusahaan. CSR ini adalah sebuah bentuk investasi sosial yang akan memberikan manfaat bagi perusahaan dan masyarakat di kemudian hari.
Banyak hal yang masih kurang dalam bahasan ini, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Amin.
Sumber :
http://www.theprworld.com/profile/csr/402-latih-kepekaan-sosial-sejak-dini-2
Beberapa sumber